Kunyit Putih dan Manfaatnya

Kunyit putih termasuk tumbuhan yang tumbuh rendah. Tanaman tahunan ini memiliki umbi yang kecil dan daun yang tebal serta lebar. Bentuk daun bundar agak lonjong dan posisi daun tegak. Sesuai dengan namanya, warna rimpang kunyit putih bukan kuning tidak seperti kunyit-kunyit lainnya, melainkan putih. Karena itu, kunyit putih tidak termasuk ke dalam genus Curcumae yang semua rimpangnya berearna kuning. Selain itu, bentuk rimpang kunyit putih juga bulat. Warna rimpang yang putih dan transparan menjadi ciri khas Kaempferia, seperti kencur (Kaempferia galanga), temu kunci (Kaempferia pandurata), dan kunci pepet (Kaempferia angustifola). Nama lain kunyit putih adalah temu puteri atau temu rapet.

Kandungan senyawa kimia dan manfaat

Rimpang kunyit putih mengandung minyak atsiri dengan rendemen sebanyak 0,2%. Warna minya atsiri tersebut kunigng muda. Di dalam minyak atsiri kunyit putih terdapat camphor, sineol, metil chavicol, saponin, flavonoid, dan polifenol.

Kunyit putih diduga bermanfaat sebagai anti kanker, mengencangkan vagina, meningkatkan gairah seksual, dan mengatasi keputihan. Namun, beberapa pendapat menyatakan bahwa kunyit putih tidak mengandung zat yang bersifat antikanker (neoplastik), tetapi lebih bersifat mengendalikan kanker secara tidak langsung, yakni sebagai anti-inflamasi (mengatasi pembengkakan) dan sebagai immunostimulan (meningkatkan sistem kekebalan tubuh), serta sebagai antioksidan.

Selain itu, kunyit putih juga dapat digunakan sebagai perda masuk angin dan gangguan ringan lainnya seperti maag, kunyit juga diyakini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai herba pelengkap penyembuhan kanker.

Memang untuk pelengkap penyembuhan kanker, masih perlu penelitian lebih lanjut. Meski demikian, dipasaran sudah beredar beberapa produk yang berbahan dara kunyit putih dan diakui cocok oleh para penderita kanker.

Sementara itu, American Institute of Cancer melaporkan kunyit putih bisa digunakan untuk mencegah kanker. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit putih bisa memiliki fungsi untuk mencegah asam deoksiribonukleat (DNA) dari kerusakan. Selain itu, diketahui juga bahwa senyawa yang terkadnung dalam kunyit putih bisa bertindak sebagai obat antiperadangan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Kunir Putih Mencegah Dan Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker , Meredakan Sakit Maag dan Nyeri Lambung, Mengecilkan Rahim dan Penambah Nafsu Makan & Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kunyit Putih and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>